Selasa, 10 Agustus 2010

KPP Mura Beri Bantuan Pakaian Sekolah

Peringati HAN 2010

MUSI RAWAS-Sedikitnya 820 anak mengikuti perintatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Ke-820 anak tersebut meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) dalam Kabupaten Mura 400 anak. Kemudian SD/MI 200 anak dan 100 siswa SMP/MTs. Selain dari pada itu, dalam peringatan HAN 2010 ini dihadiri juga oleh anak kurang mampu.
Kegiatan itu dimeriahkan dengan atraksi dan unjuk kebolehan keterampilan dan keahlian anak. Kemudian pemberian bantuan dari Kantor Pemberdayaan Perempuan (KPP) Mura, berupa pakaian sekolah kepada siswa kurang mampu. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Auditorium Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa (10/8).
“Ada 20 anak kurang mampu hadir pada peringatan HAN 2010 di Kabupaten Mura,” kata Ketua pelaksana kegiatan HAN 2010 tingkat Kabupaten Mura, Edi Iswanto kepada wartawan koran ini, Selasa (10/8).
Ia mengatakan, kegiatan ini dilatar belakangi oleh keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984 yang menetapkan 23 Juli sebagai HAN yang diperingatkan dan diselenggarakan setiap tahun. Dengan tujuan untuk mensosialisasikan hak-hak anak yang telah disepakati dunia dan telah diratifikasi oleh pemerintah RI dalam UU No 23 tahun 2001 tentang perlindungan anak. “Maka hak anak yang dicantumkan dalam UU tersebut, yakni pelayanan pendidikan dan pengajaran bermutu dalam rangka pengembangan pribadi dan semua potensi kecerdasan sesuai dengan minat dan bakat anak. Kemudian pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik dan mental spiritual dan sosial,” papar Edi Iswanto.
HAN tahun 2010 ini dimaknai dengan sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara sejahtera. Sehingga terbentuk generasi penerus yang tangguh, sehat jujur, cerdas, berprestasi, serta beraklak mulia. “Kendati demikian maka penyelenggara HAN 2010 tingkat Kabupaten Mura mengusung tema “Anak Indonesia belajar untuk masa depan” dengan sub tema “Kami anak Indonesia, jujur, berahklaq mulia cerdas, dan berprestasi,” jelasnya.
Melalui peringatan HAN 2010 tingkat Kabupaten Mura lanjutnya, dapat meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder akan pentingnya memberikan perlindungan, pemenuhan hak anak, serta pelayanan holishc integrative kepada semua anak tanpa diskriminasi. Selain itu, diharapkan dari kegiatan ini mampu mencipatakan wahana bermain, unjuk prestasi, dan karya inovatif anak.
Untuk diketahui, anggaran pembiayaan peringatan HAN 2010 di tingkat Kabupaten Mura, yakni anggaran kegiatan SKPD pada Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mura.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar