Kamis, 05 Agustus 2010

Pengunjung Gramedia Book Fair 2010 Capai 1200

LUBUKLINGGAU-Kehadiran Garamedia Book Fair 2010 ternyata sangat membantu masyarakat, mahasiswa dan pelajar di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan sekitarnya. Hal itu terbukti dari rata-rata pengunjung pameran buku Gramedia Book Fair mencapai 1200 orang pengunjung.
Selama tiga hari belangsungnya pameran buku di Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, ternyata tak menyurutkan minat pembaca. Terlebih kalangan pelajar di Kota Lubuklinggau. Apalagi di sela-sela kegiatan pameran itu diadakan berbagai macam permainan, seperti wisata buku untuk anak-anak TK, meraup buku sebanyak-banyaknya. Dan dongen untuk anak-anak.
Demikian dikatakan Ketua Panitia Gramedia Book Fair 2010, Nopri kepada wartawan koran ini ketika dijumpai di Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, Kamis (5/8).
“Untuk rata-rata traksaksi dalam satu hari, kurang lebih 800 hingga 900 transaksi. Dan buku yang banyak diminati merupakan buku-buku penunjang pendidikan, novel serta beberapa buku yang harga Rp 10.000/eks,” ungkap Nopri.
Dari transaksi tersebut lanjutnya, dilangsung dengan pengundian transaksi, dari jumlah transaksi dalam satu hari itu hanya di ambil dua orang yang berhak mengikuti permainan meraup buku sepuasnya. “Selama tiga hari kegiatan ini berlangsung, ada satu orang yang meraih rekor muri dalam meraup buku sepuasnya. Sedikitnya 76 buku yang mampu ia raih Rabu (4/8),” jelasnya.
Ia menambahkan, pada malam itu ada dua orang yang mengikuti perlombaan meraup buku sepuasnya. Akan tetapi ada satu orang yang berhasil meraup buku, dan satunya hanya mendapatkan lima buah buku. “Dalam meraup buku sepuasnya itu harus memiliki strategi yang jitu. Dan bagi peserta yang tidak mampu meraih buku sepuasnya kami perbolehkan ia mengambil buku sebanyak lima buah,” terangnya.
Menurut dia, wisata buku yang diperuntukkan anak-anak TK tersebut merupakan salah satu langkah untuk membuat dan melatih anak sedini mungkin untuk berani dan mandiri dalam bertransaksi sendiri. Dalam kesempatan itu juga lanjutnya, diisi dengan dongen anak oleh panitia. Dengan tujuan agar anak tidak jenuh dan bosan selama menunggu. “Selama ini kebanyakan anak hanya menonton. Dengan dongeng ini kita mencoba untuk memancing anak agar dapat belajar dengan cara mendengar,” imbuhnya.
Adapun jadwal kegiatan selama ini yakni, Kamis (5/8) pukul 10.00 WIB wisata buku anak TK, kemudian 19.30 WIB meraup buku sepuasnya. Jumat (6/8) wisata buku. Anak TK Sabtu (7/8) pukul 08.00 WIB pingga Pukul 10.00 WIB wisata buku anak TK, kemudian pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB WIB lomba fashion show dan pukul 19.00 WIB meraup buku sepuasnya. Selanjutnya Minggu (8/8) pukul 08.00 hingga 10.00 WIB, lomba mewarnai anak TK dan Murid SD, kemudian pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB work shop sempoa, dan pukul 16.00 WIB meraup buku sepuasnya. (10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar