Kamis, 04 Maret 2010

Masa PPL Mahasiswa STAIS Bumi Silampari Berakhir


LUBUKLINGGAU-Dikarenakan masa Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) II mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Bumi Silampari telah berakhir, maka digelarlah acara perpisahan di beberapa sekolah. Dan untuk penarikan perdana bagi mahasiswa PPL II dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Lubuklinggau, Kamis (4/3).
“Karena sudah sebulan penuh mahasiswa melakukan praktik, maka kami menarik kembali seluruh mahasiswa dari seluruh sekolah tempat mereka praktik. Ini merupakan pelaksanaan dari Tri Darma Perguruan Tinggi,” kata Muhammad Rais, Ketua Bidang Akademik STAIS Bumi Silampari Lubuklinggau, kepada wartawan koran ini usai acara perpisahan di SMA Muhammadiyah 1 Lubuklinggau, kemarin.
Disamping kegiatan akademik, kata Rais, PPL ini merupakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, unsur pertama yakni ada proses pendidikan dan pengajaran. Dimana, mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang mereka dapat selama di bangku kuliah kepada lembaga pendidikan.
“Dengan terjun langsung ke lapangan mereka bisa menerapkan teori yang didapatkan di bangku kuliah untuk bisa diaplikasikan terhadap lembaga pendidikan. Kemudian, unsur yang kedua yakni penelitian. Bukan tidak mungkin mereka akan menemukan persoalan-persoalan yang dapat dieksplor lebih dalam untuk diangkat sebagai masalah dalam proses penelitian nanti. Juga mereka bisa menemukan keunggulan-keunggulan dalam kegiatan belajar mengajar yang akan diterapkan pada lembaga pendidikan,” lanjutnya.
Dan unsur ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat, karena STAIS Bumi Silampari merupakan milik masyarakat baik Kota Lubuklinggau maupun Kabupaten Musi Rawas (Mura). Dia berharap, mahasiswa STAIS Bumi Silampari bisa menerapkan dan memberikan warna baru bagi dunia pendidikan Islam di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Mura.
Sebagaimana diketahui, pelaksanaan PPL II mahasiswa STAIS Bumi Silampari telah dilaksanakan 8 Februari hingga 6 Maret 2010. Kegiatan ini diikuti 94 mahasiswa yang tersebar di sembilan lembaga pendidikan di Kota Lubuklinggau. Meliputi, SMA Negeri 1 Lubuklinggau, SMAN 2, SMAN 4, SMAN 6, SMA Muhammadiyah 1, MAN 1, MAN 2, MA Muhajirin dan MTs Negeri Lubuklinggau.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar