Senin, 08 Maret 2010

Primagama Luncurkan Website TO UN 2010


F-DOK LP
Mustaredi

Kerjasama dengan Microsoft Indonesia

LUBUKLINGGAU-Untuk menuju belajar secara mandiri dengan dipandu berbagai fasilitas, Primagama sebagai Bimbel nomor satu dan terbesar di Indonesia meluncurkan website Try Out (TO) Ujian Nasional (UN) 2010. Peluncuran website tersebut, telah dilakukan beberapa waktu lalu. Demikian diungkapkan, Kepala Cabang Primagama Lubuklinggau, Mustaredi, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Senin (8/3).
“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat yang telah mempercayai Primagama sebagai salah satu wadah untuk menuntut ilmu. Alhamdulillah, berkat kepercayaan yang diberikan tampaknya Primagama semakin dipercaya oleh masyarakat, pemerintah, dan institusi swasta lainnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berstandar nasional maupun internasional yang diterima oleh Primagama,” ungkap pria yang akrab disapa Edi.
Tak hanya itu, kata Edi, banyak lembaga/instansi yang menjalin kerjasama dengan Primagama saat ini. Yang terbaru yakni Microsotf Corporation, penyediaan situs internet untuk layanan TO UN 2010 yang bisa dimanfaatkan oleh semua pelajar dan pecinta pendidikan di seluruh Indonesia.
“Ide membuat situs ini, dikarenakan dunia internet sekarang bukanlah hal yang asing lagi bagi pelajar dan masyarakat. Maka dari itu, apa salahnya kita memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung dunia pendidikan,” lanjutnya.
Edi berharap, kepada siswa dan insan pendidikan di Kota Lubuklinggau dapat memanfaatkan layanan ini semaksimal mungkin, sebab layanan ini gratis dan jika ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang ke kantor Primagama Lubuklinggau. “Rasanya belum ada Bimbel yang mampu membuat terobosan-terobosan seperti ini,” ujar Alumni Teknik Geologi UGM.
Berawal dari fakta tersebut, maka Microsoft Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Primagama saat ini meluncurkan suatu situs internet yang diperuntukkan bagi pelajar di seluruh Indonesia supaya dapat dimanfaatkan. Adapun situs yang bisa diakses melalui domain www.primagamaplus.com.
Menurut Education Manager Microsoft Indonesia, Ananta Gondomono, dalam situs ini Microsoft akan menyediakan seluruh sistem dan aplikasi, sedangkan Primagama bertanggung jawab dalam penyediaan konten.
“Salah satu pertimbangan bagi Microsoft Indonesia untuk menggandeng Primagama sebagai penyedia konten adalah karena Primagama dianggap sebagai lembaga pendidikan yang telah berpengalaman dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas layanan akademik, seperti kualitas modul belajar, soal-soal evaluasi, maupun paket pengayaan yang selalu relevan dengan GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran) dan kisi-kisi SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Nasional. Tak hanya itu, Primagama juga dianggap berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan siswa secara personal baik dengan tujuan untuk menempuh ujian semester, ujian akhir, maupun seleksi masuk untuk menempuh pendidikan pada jenjang berikutnya,” terang Ananta.
Tak hanya Primagama, Microsoft juga menggandeng GreenView Asia perusahaan penyedia infrastruktur Cloud Computing untuk ikut serta mendukung kegiatan ini dari sisi infrastruktur.
Sementara itu, selaku General Manager Primagama, Adam Primaskara menekankan bahwa Primagama bersama dengan Microsoft Indonesia bertekad untuk terus mensosialisasikan situs belajar online ini sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelajar.
“Karena pembelajaran online memiliki beberapa keunggulan, diantaranya sistem belajar online tidak terikat oleh waktu dan tempat, serta memiliki jangkauan yang sangat luas. Interaksi para pelajar dengan media pembelajaran maupun pengajar dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja selama mereka memiliki jaringan internet. Dalam situs ini, nantinya akan disediakan video tutorial dari para Instruktur Smart Primagama, sehingga para siswa dapat memilih dan mempelajari materi-materi yang belum dipahami. Para siswa juga dapat berinteraksi dengan instruktur secara langsung, baik melalui Video Conference maupun Instant Messaging,” jelas Adam.
Selain itu media pembelajaran online juga lebih mudah dan murah, karena para pelajar tidak perlu datang ke tempat tertentu dan mengeluarkan ongkos transportasi, tetapi belajar dapat dilakukan di rumah bahkan di kamar pribadinya.
“Pada tahap sekarang, Microsoft Indonesia dan Primagama mengajak pada seluruh pelajar kelas VI SD, IX SMP, dan XII SMA/SMK di seluruh wilayah Indonesia untuk melakukan TO UN 2010 secara online di www.primagamaplus.com. Seluruh siswa calon peserta UN diberi kesempatan untuk melakukan ujicoba sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang materi-materi yang akan keluar dalam UN 2010. Jika pada saat TO Online ini para siswa diketahui belum lulus, maka masih ada waktu untuk segera meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka. Sehingga pada saat pelaksanaan UN yang sesungguhnya, para siswa berada dalam kondisi puncak dan memiliki peluang untuk mencapai hasil yang maksimal,” tambahnya.
Adapun manfaat lain yang diperoleh yaitu para peserta tidak hanya mengetahui total nilai yang telah mereka capai, tapi dapat mengetahui rangking atau peringkat sesama peserta TO, baik yang berada di wilayah kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Dengan fitur ini diharapkan terjadi kompetisi yang sehat antar sesama pelajar di seluruh Indonesia.
Situs Primagamaplus juga menyediakan custom browser untuk pelajar yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pencarian informasi pendidikan. Nilai total TO akan ditampilkan melalui IE8 Web Slices sehingga dapat dipantau tanpa membuka halaman web yang lebih dalam.
Menurut Risman Adnan Mattotorang, Senior Developer Advisor, Microsoft Asia Head Quarter, Primagamaplus saat ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas Adaptive Smooth Streaming dari Web Server IIS 7.0 dan Silverlight Runtime untuk menampilkan video-video tutorial dari Primagama.
“Fitur lain yang masih dalam tahap pengembangan di Microsoft Innovation Center Universitas Gajah Mada (MIC-UGM) adalah interface ke situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, YouTube dan Twitter serta Games edukasi untuk menarik minat dan perhatian pelajar. Inisiatif TO ini adalah awal dari perjalanan panjang untuk menciptakan layanan edukasi online yang relevan dengan kondisi siswa saat ini,” kata Risman.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar