Rabu, 05 Mei 2010

Disdik Adakan Seleksi Cerdas Cermat

MUSIRAWAS-Guna mensosialisasikan Undang-Undang 1945 dan Tap MPR tentang lomba cerdas cermat (LCC) untuk tingkat SMA/MA/SMK, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas (Disdik Mura) adakan seleksi cerdas cermat. Seleksi itu dilaksanakan di SMA Negeri I Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura,Rabu (5/5).
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mura, Edi Iswanto, melalui Kabid Dikmenti Toto Sunarto, didampingi Kasi Pembina SMA, A Bastari, kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan pensosialisasi UU 1945 dan Tap MPRI RI tentang LCC. “Juara I pada cerdas cermat kali ini diraih oleh SMA Negeri I Muara Kelingi, juara II didapat SMA Negeri 2 Muara Beliti, dan juara III disabet SMA Negeri Rupit.
“Untuk juara I akan dikirim ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), guna mengikuti lomba cerdas cermat tingkat provinsi. Lomba itu rencananya akan dilaksanakan Minggu (30/5) hingga Rabu (2/6) mendatang, di Hotel Swarna Dwipa Palembang,” ungkap Bastari.  
Dia menambahkan, bagi pemenang seleksi cerdas cermat mendapat panghargaan dari Disdik Kabupaten, berupa tropy dan piagam. Perlombaan itu diikuti 9 regu, utusan dari masing-masing SMA. Dalam satu regu terdiri dari 10 orang peserta, dengan jumlah seluruh peserta seleksi cerdas cermat 90 orang peserta. “Setiap sekolah mengirim satu regu,” jelasnya.  
Dalam cerdas cermat tersebut pihaknya adakan dengan sistem tanya jawab. Dalam tanya jawab tersebut nilai yang tertinggi merupakan nilai tematik, kemudian disusul dengan nilai soal-soal pilihan, dan 10 soal rebutan dalam 4 menit.
Untuk itu, pada lomba cerdas cermat tingkat provinsi nantinya akan diikuti oleh 18 regu dari kota/kabupaten di Provinsi Sumsel. “Jadi setiap kota/kabupaten hanya mengirim satu regu, akan tetapi untuk Kota Palembang, diperbolehkan mengirim 4 regu. Sebab mengingat Palembang merupakan ibu kota provinsi,” terangnya.
Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat memancing animo siswa siswi SMA dalam meningkatkan mutu pendidikan serta rasa cinta terhadap UUD 1945. “Saya sangat bersyukur, dalam penyeleksian cerdas cermat ini, siswa sangat antusias, mudah-mudahan untuk selanjutnya akan lebih spirit lagi,”jelasnya.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar