Selasa, 25 Mei 2010

Pemilihan Guru Berprestasi Diikuti 88 Peserta


SEMAT : Kadisdik Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida menyematkan peserta pemilihan guru, Kepala Sekolah dan pengawas berprestasi, Selasa (25/5).


LUBUKLINGGAU-Pentingnya peran guru, kepala sekolah (Kasek) dan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan menjadi perhatian pemerintah. Sehingga Pemkot Lubuklinggau akan memberikan penghargaan melalui pemilihan guru, kasek dan pengawas sekolah berprestasi tahun 2010.
Pemilihan tersebut dilaksanakan di SMP Xaverius Lubuklinggau, Jalan Garuda, Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Selasa (25/5) hingga Kamis (27/5), diadakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau, melalui Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida.
Kadisdik Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida menjelaskan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme guru serta memiliki kemampuan yang unggul dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi yang memiliki, dan kepribadian yang terpuji. Disamping itu memiliki pemahaman wawasan pendidikan yang utuh, serta mampu memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas.
Untuk itu, lanjut dia, guru diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Dalam penyeleksian ini dilakukan secara ketat, transparan dan terukur sehingga dapat memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi guru kepala sekolah dan pengawas untuk meningkatkan tugas-tugas profesinya. “Pada akhirnya mampu menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan,” tambah Kadisdik.
Ia menambahkan, dengan banyak variabel dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan. “Guru sebagai tenaga pendidik di sekolah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru dituntut memiliki kompetensi, meliputi kompetensi pedagogik, personal, sosial dan profesional,” paparnya.
Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, hal itu dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kasek dan pengawas sekolah.
Sedangkan, Kepala Bidang PLS, Maryani mengatakan pemilihan itu diikuti 88 peserta, terdiri dari utusan tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Ke 88 peserta tersebut meliputi 46 guru, 22 kasek dan 20 orang pengawas. “Dalam penilaian pemilihan guru berprestasi 2010, pada tahapan awal, yakni tes tertulis, penilaian administrasi atau dokumen port folio. Kemudian karya ilmiah, presentasi dan wawancara. Bagi juara pertama pada pemilihan ini akan dikirim ke Palembang, sebagai perwakilan Kota Lubuklinggau pada pemilihan guru berprestasi tingkat Provinsi Sumsel,” ungkap Maryani.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar