Minggu, 25 April 2010

1.300 Murid Sekolah Dasar Ikuti Fun Matematika


Foto : Leo/ Linggau Pos
Jarimatika :
Ribuan Murid SD ikuti praga pembelajaran jarimatika yang di pragakan oleh instruktur dari Jakarta, di halaman kantor Disdik Kabupaten Mura, Sabtu (24/4).

MUSI RAWAS-Sedikitnya 1.300 murid SD se-Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengikuti Fun Metematika di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mura. Kegiatan itu dilaksanakan di halaman kantor Disdik Kabupaten Mura,¸ Sabtu (24/4), dibuka Asisten IV Setda Mura, Basri Soni.

Asisten IV Setda Mura, Basri Soni, dalam sambutan tertulis mengatakan, dengan kegiatan ini para murid SD di Kabupaten Mura dapat termotivasi untuk belajar dibidang studi matematika. Sebab, pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran dasar yang sangat penting. Namun pelajaran itu sering dianggap pelajaran yang sulit, sehingga ditakuti oleh anak-anak. “Dengan metode yang benar dan terbaru, pelajaran matematika dapat diajarkan secara menyenangkan. Sehingga memotivasi anak untuk belajar matematika semakin meningkat dan prestasi anak akan semakin membaik,” kata bupati.
Selain untuk memotivasi anak, Fun Matematika juga mengajarkan anak untuk dapat menghitung dengan menggunakan jari tangan atau sering dikenal dengan metode Jarimatika. “Motode ini mendidik anak untuk dapat menghitung dengan cepat, dan cukup dibantu dengan menggunakan jari tangan,”jelasnya. 
Ia menambahkan, pendidikan adalah syarat mutlak untuk memperkuat jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kemampuan serta literasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan juga dapat membantu terbentuknya dunia yang aman, lebih sehat, lebih sejahtera dengan lingkungan yang lebih baik dan serentak. 
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah tentang pentingnya pembangunan pendidikan di tanah air. “Untuk itu dapat memberi kontribusi pada kemajuan sosial, ekonomi, budaya, toleransi, dan kerjasama antar bangsa,” katanya.
Ia berharap agar kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada siswa dan guru bahwa matematika dapat dipelajari atau diajarkan secara menyenangkan tetapi optimal. 
Sementara itu Kasi Statistik dan Laporan Disdik Kabupaten Mura, Hartoyo mengatakan, selain untuk memberi motivasi kepada pelajar bahwa matematika itu tidak sulit, kegiatan ini juga untuk memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan hari jadi Kabupaten Mura ke-67. 
Perlu diketahui, Kabupaten Mura merupakan kabupaten yang pertama kali mengadakan kegiatan Fun Matematik di Provinsi Sumsel. Sementara peserta yang mengikuti Fun Matematika yang pertama ini mencapai 1.300. Lain halnya dengan pelaksanaan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hanya 700 peserta.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar