Minggu, 25 April 2010

Ratusan Pelajar Linggau-Mura Mengikuti OSN

LUBUKLINGGAU-Ratusan pelajar di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri I Lubuklinggau dan SMA Negeri Tugumulyo.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, melalui Kasi Sarana Prasarana Dikmenti, Romli, saat dihubungi wartawan koran ini, Sabtu (24/4), membenarkan adanya pelaksanaan OSN tersebut, yang diikuti 160 siswa SMA/MA. 
Menurut Romli, hasil lomba OSN akan diumumkan paling lambat seminggu setelah kegiatan ini berlangsung. Sebab, sistem penilaian dilakukan dengan sistem silang antar sekolah. Kemudian bagi juara I, II, dan III nantinya akan dikutkan pada pelaksanaan OSN tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang rencananya dilaksanakan Juni 2010 mendatang. 
“Saya mengharapkan bagi siswa-siswi yang mengikuti OSN tingkat provinsi nantinya supaya dapat mempersiapkan diri, sehingga dapat membawa nama Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Mura,”harap Romli. 
Dijelaskan Romli, pelaksanaan OSN bertujuan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, khususnya siswa SMA/MA. Kegiatan OSN berkaitan dengan pengembangan wawasan, bakat, kreativitas siswa dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ditambahkannya, ONS ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SMA/MA, dan meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas, serta menanamkan sikap disiplin ilmiah.
“Dengan adanya kegiatan ini dapat menanamkan sifat kerja keras pada remaja untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pengembangan sains dan matematika bagi generasi muda masa kini maupun yang akan datang,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mura, melalui Kasi Pembina SMA/MA/SMK, A Bastari mengatakan, ada 333 siswa yang mengikuti OSN. Ke-333 pelajar tadi utusan dari 18 SMA/MA di Kabupaten Mura. 
“Mengenai pengumuman hasil OSN, saya belum bisa memastikan. Tetapi biasanya paling cepat hasil OSN diumumkan tiga hari setelah pelaksanaan, dan paling lambat seminggu setelah pelaksanaan. Sebab, jumlah siswa yang mengikuti OSN banyak dan dalam pengoreksian inipun harus benar-benar objektif. Sehingga siswa yang menjadi perwakilan Mura di tingkat provinsi mendatang benar-benar membanggakan,” jelasnya.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar