Selasa, 13 April 2010

SDIT An-Nida Terapkan Pembelajaran Integratif


F-Leo/Linggau Pos
Indah Prasetia Ningsih

LUBUKLINGGAU-Setiap orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan di sekolah yang berkualitas. Untuk memenuhi keinginan orang tua tersebut, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) An-Nida terletak di Jalan Sadewa, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, menerapkan sistem pembelajaran integratif (konsisten), stimulatif (urutan), fasilitatif (fasilitas) dan motivatif (dorongan) yang sangat mengutamakan kualitas pendidikan anak. 

“Dalam kegiatan belajar mengajar SDIT An-Nida dibimbing dua orang guru, satu guru bidang studi dan guru pendamping dengan jumlah tidak lebih dari 30 anak,” kata Kepala SDIT An-Nida Lubuklinggau, Indah Prasetia Ningsih, Selasa (13/4), di ruang kerjanya. Selanjutnya, Indah, sapaan perempuan ini menyatakan, SDIT merupakan bentuk satuan pendidikan dasar menyelenggarakan program pendidikan enam tahun berdasarkan kurikulum nasional yang berlaku. Dengan pendekatan Islami melalui perpaduan antara pendidikan agama dan umum, sekolah, orang tua dan masyarakat. 
Mengenai kurikulum, lanjut Indah, ada tiga hal yang diterapkan di SDIT An-Nida yakni kurikulum nasional, pendidikan agama Islam, dan extra. “Untuk kurikulum nasional terdiri dari matematika dan sains, ilmu sosial, bahasa, serta keterampilan dan seni. Selanjutnya kurikulum agama Islam terdiri dari pemahaman agama yang bermuatan pokok-pokok agama Islam yakni aqidah akhlaq, ibadah, fiqih dan tarikh. Pendidikan Al Quran yakni membaca serta menghafal Al-Quran sesuai dengan tartil dan tajwid. Dan kurikulum extra meliputi kegiatan kepramukaan (Pramuka SIT) dan kemahiran (life skill),” papar Indah seraya menambahkan, penerapan kurikulum bertujuan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri sang anak. Dan kita berharap anak didik menjadi manusia yang bertaqwa, cerdas, berwawasan luas, kretif, dan bersikap positif. 
Indah menambahkan, mentode pembelajaran SDIT An-Nida menerapkan metode Student Center, Moving Class and Outing Class serta Multiple Aproach. “Dengan metode ini murid dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, dan guru berfungsi sebagai fasilitator yang memberikan stimulus dalam proses belajar melalui interaksi dengan lingkungan nyata diluar kelas. Serta dapat mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki murid guna mendukung pencapaian prestasi secara optimal dalam berbagai bidang,” paparnya. 
Sementara itu, pada tahun pelajaran 2010-2011 SDIT An-Nida menerima murid baru. Pendaftaran dibuka pada 15 Maret hingga 15 April di SDIT An-Nida Jalan Sadewa Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. “Bagi calon murid baru SDIT An-Nida yang telah terdaftar diharuskan mengikuti tes seleksi, Senin (19/4) hingga (30/4). Dan pengumuman akan dilaksanakan Senin (3/5),” jelasnya.
Perlu diketahui pihak sekolah menjamin bagi lulusan SDIT An-Nida, akan dapat membaca huruf latin Arab, hafal 1-2 juz Al Quran, hafal 20-30 hadist pilihan, melaksanakan ibadah wajib sehari-hari, berprilaku sesuai dengan ajaran Islam serta menguasai bahasa Inggris dan Arab.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar