Selasa, 20 April 2010

Disdik Adakan Pagelaran Seni Pelajar Tingkat Kota


Septiana Zuraida

LUBUKLINGGAU-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida, membuka pagelaran pentas seni pelajar tingkat SD, SMP, SMA se-Kota Lubuklinggau. Kegiatan itu berlangsung Selasa (20/4) di Gedung Kesenian, Jalan Garuda, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Maryati mengatakan, pentas seni ini akan dilaksanakan selama seminggu, dimulai Selasa (20/4) hingga Selasa (27/4) mendatang. “Untuk peserta diambil siswa terbaik dari sekolah masing-masing se-Kota Lubuklinggau, dengan jumlah peserta 302 orang,”katanya.
Ke-302 itu terdiri dari utusan SD ada 100 orang, siswa SMP hanya 72 orang dan siswa SMA mencapai 130 orang. Cabang lomba yang akan diikuti, meliputi lomba lagu keroncong, lagu daerah, tari kreasi, lomba lukis, lagu batang hari sembilan, dan band. Dari sekian lomba yang diadakan, ternyata lomba lagu keroncong, lagu daerah, dan lukis, sangat diminati, terutama para murid SD dan pelajar SMA. “Melalui kegiatan ini kita berharap dapat meningkatkan kreativitas siswa, dalam bidang seni serta dapat mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global,” harapnya.
Maryati mengatakan, dengan tertanamnya apresiasi seni dan nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, maka anak tidak akan melupakan budaya dan sejarah bangsa. Sebab, banyak kejadian di lingkungan sekolah yang tidak mencerminkan anak bangsa, sehingga mereka tidak mau menghargai jasa para pahlawan dalam merebut budaya bangsa. 
“Seperti halnya lagu daerah, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sehari-hari jarang sekali untuk diajarkan kepada anak, padahal itu budaya asli daerah kita,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini diharapkan secara tidak langsung dapat membina dan membimbing anak untuk dapat mengingat akan budaya daerah, terutama budaya Kota Lubuklinggau yang memiliki motto ‘Sebiduk Semare’.
Pembukaan pagelaran seni pelajar tersebut dihadiri oleh Sekretaris Disdik Kota Lubuklinggau, Agus Sugianto, kepala SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, serta SMK negeri dan swasta se-Kota Lubuklinggau.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar