Rabu, 14 April 2010

SMP-PGRI 4 Siap Berkompetisi Memajukan Dunia Pendidikan


f-Leo/Linggau Pos
Wili Iskandar

LUBUKLINGGAU-SMP-PGRI 4 Kelurahan Pasar Permiri Kecamatan Lubuklinggau Barat II siap berkompetisi memajukan dunia pendidikan di Kota Lubuklinggau. Pasalnya, SMP-PGRI 4 pindah ke SMP Negeri I Lubuklinggau, yang semulanya di SMP Negeri 7.  

Kepala SMP-PGRI 4 Lubuklinggau, Wili Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya sedang menggalakkan kegiatan ekstra kulikuler mulai dari pramuka, rohis, olahraga prestasi, dan kesenian daerah Kota Lubuklinggau. Sebab, SMP-PGRI 4 Lubuklingau merasa mendapat tantangan untuk bersaing sehat dengan sekolah-sekolah lain yang ada di kawasan Kota Lubuklinggau khususnya. “Saya merasa optimis bahwa SMP-PGRI 4 mampu berkompetisi, karena didukung oleh guru-guru yang rata-rata 95% sarjana. Untuk saat ini jumlah guru di SMP- PGRI 4 ada 18 orang,” katanya, Rabu (14/4).
Untuk itu, ada beberapa faktor yang dapat mendukung kemajuan sekolah seperti administrasi dan manajemen keuangan yang rapi. Selain itu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang sifatnya kontinyu dan tenaga pendidik yang profesional. 
“Bila administrasi dalam sekolah amburadul sudah pasti yang lain akan ikut berantakan. Sebab, menurut saya administrasi merupakan kunci utama sebelum mengarah kepada KBM yang baik. Disamping itu diiringi dengan guru yang profesional yang berakhir pada kegiatan belajar mengajar sesuai dengan apa yang diharapkan,” jelas Wili Iskandar.
Ia menambahkan, jika ingin melihat sekolah yang betul-betul berjalan KBM-nya cukup melihat siswanya. Apabila pada jam yang efektif siswa masih banyak yang keliaran di luar kelas itu pertanda KBM nya tidak berjalan dengan baik dan juga sebaliknya.
Selain itu untuk mengetahui administrasi sekolah tersebut, cukup melihat tata urutan kesiapan sekolah itu sendiri. Mulai dari file surat masuk dan surat keluar, buku induk, file administrasi kesiswaan hingga buku tamu umum dan tamu khusus. “Apabila semuanya baik, rapi dan benar itu menunjukkan sekolah tersebut sudah berpikir untuk menuju ke arah yang baik dan benar,” tegasnya.
Untuk tahun pelajaran 2010-2011, lanjut Wili Iskandar, menargetkan dua kelas untuk siswa baru. Dan pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP-PGRI) Kota Lubuklinggau. (16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar