Kamis, 22 April 2010

Siswa SMKN 3 Boyong Tiga Gelar LKS

Tingkat Provinsi Sumsel 

LUBUKLINGGAU-Luar biasa! Kata ini sangat pantas ditujukan kepada siswa SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Mengapa? Karena siswa sekolah itu berhasil merebut tiga gelar sekaligus, yaitu sebagai juara Lomba Keterampilan Siswa (LKS) antar siswa SMK se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang. 

Kepala SMKN 3 Kota Lubuklinggau, Effendi M Ali saat dihubungi koran ini membenarkan siswanya berhasil mendapat tiga gelar dalam lomba LKS tingkat Provinsi Sumsel. Dengan prestasi ini maka siswa sekolah yang dipimpinnya mampu menepis image yang kurang menyenangkan bagi SMK Negeri 3 Lubuklinggau.
“Harapan kami, prestasi yang telah ditunjukkan sejumlah siswa ini sedikit banyak bisa menepis anggapan yang kurang menyenangkan terhadap SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Mungkin masyarakat mengetahui, selama ini siswa SMK Negeri 3 hanya bisa berbuat onar atau apalah bentuknya. Dan saat ini, kami tengah berusaha mengubah image itu mudah-mudahan semua pihak dapat mendukung keinginan tersebut,” harap Effendi, kepada wartawan koran ini ketika dijumpai di kampus STKIP-PGRI Lubuklinggau usai memberikan materi kuliah, Kamis (22/4).
Adapun siswa yang berhasil meraih prestasi membanggakan tersebut yakni, Heru Setiawan kelas XII, berhasil meraih juara II LKS bidang lomba Aplikasi Elektornik. Kemudian, Kusbini kelas XI berhasil mendapat juara III, untuk bidang lomba Automobil Teknologi, serta Bonari siswa kelas XI, berhasil sebagai juara V pada bidang lomba Autocad.
“Khusus Heru Setiawan, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dan Rabu (21/4), dia sudah kami daftarkan ke UNY dan sekarang tinggal menunggu pengumuman saja,” jelas Effendi.
Menyinggung masalah Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun pelajaran 2010/2011, pihaknya menerapkan mekanisme baru. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) No.78 Tahun 2009 tentang Kriteria Penerimaan Siswa Baru pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
“Pada PSB nanti, mungkin kami akan lebih selektif dalam menerima siswa. Sebab, berdasarkan Permen No.78 Tahun 2009 bahwa seluruh siswa yang akan masuk RSBI dan SBI harus sesuai dengan kriteria yang terkandung dalam Permen itu,” jelas Effendi.
Adapun kriteria tersebut meliputi nilai rata-rata siswa harus 7,5, tinggi badan khusus siswa laki-laki harus 160 cm dan untuk siswa perempuan 150 cm. Kemudian, bebas Narkoba dan akan diadakan tes nantinya. 
“Selain itu akan diadakan pula tes minat, bakat dan akademik. Dan bagi siswa yang beragama Islam harus pandai baca tulis Al Quran. Salah satu tujuannya, untuk meningkatkan mutu lulusan SMKN 3 dalam rangka pembangunan Kota Lubuklinggau yang kita cintai ini,” pungkasnya.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar