Minggu, 25 April 2010

Siapa yang berperan dalam pendidikan anak kita?

1 Kita sebagai orang tua, tingkah laku kita sebagai orang tua selalu dilihat anak kita, ketika prilaku kita tidak baik secara tidak langsung kita sudah mengajari anak untuk jadi orang tidak baik. Korelasi kita dengan masyarakat sekitar akan menajadi barometer bagaimana anak akan berhubungan dengan masyarakat yang dia hadapi. Sikap bijak serta berusaha memahami perkembangan anak akan sangat membantu dalam mencari formula pendidikan bagi anak.

2 Guru, guru berperan untuk membantu orang tua dalam mendidik anak mereka. Selain dari kualitas guru itu sendiri secara pribadi, kesejahteraan yang didapat dari pekerjaan yang dilalukan itu juga mempengaruhi kinerjanya dalam mendidik dan mengajar anak didik. Meskipun fasilitas pendidikan cukup mendukung, tapi keberadaan guru berkualitas dan kesejahteraan yang terjamin jauh lebih baik dari pada tersedia fasilitas tapi kualitas guru serta kesejahteraan bagi mereka tidak terjamin. Guru yang baik adalah mereka yang berkemauan untuk mendidik anak bukan hanya mengajar. Kebanyakan guru hanya berhenti sebatas sebagai pengajar semata. Dia hanya menjalankan tugas untuk mentransfer ilmu dan menjadikan anak pintar. Padahal anak dalam tahap pertumbuhan membutuhkan banyak hal sebagai persiapan dalam menghadapi masa depan mereka. Sebisa mungkin guru harus berusaha menghubungakan setiap materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata sehingga apa yang dipelajari anak tidak berhenti sebatas materi yang menyesakkan pikiran.

3 Sekolah, sekolah berperan sebagai pengelola, guru bekerja dibawah bendera sekolah. Sekolah harus bisa mengkomunikasikan antara guru dan wali murid, memilih sistem pendidikan yang paling cocok, memperhatikan kinerja guru serta perkembangan anak didik juga mencarikan solusi ketika ada permasalahan dalam proses pembelajaran.

4 Masyarakat, masyarakat juga memiliki peran besar dalam pendidikan anak didik, sebaik apapun pendidikan keluarga dan sekolah ketika masyarakat memiliki pola hidup yang tidak mendidik, hal ini akan berpengaruh besar pada perkembangan pendidikan anak. Selain orang tua masyarakat adalah contoh riil yang menjadi menu gratis untuk dilihat dan ditiru anak-anak, hal ini terjadi karena anak belumlah memiliki filter yang mencukupi atas apa-apa yang dia lihat dan ia ketahui, mereka hanya memiliki kecenderungan untuk mengikuti dan meniru tanpa pandang bulu, ketika orang tua baik, sekolah beserta pengajarnya juga baik tapi jika masyarakat tidak terdidik maka akan terjadi tarik menarik. Masyarakat akan menarik anak kita kearah mereka dan kita berusaha menarik anak kita kearah kita.

5 Lingkungan, lingkungan yang baik akan membantu anak untuk belajar, dilingkungan kondusif anak lebih mudah untuk menerima pelajaran,
adalah salah jika berfikir bahwa anak harus terus menerus belajar, anak butuh refresing. Degan refresing yang cukup pikiran anak akan lebih segar dan fress.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar