Minggu, 04 April 2010

Ribuan Siswa Ikuti Seminar SNM-PTN

LUBUKLINGGAU-Sedikitnya 1.200 siswa SMA/MA/SMK Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengikuti seminar SNMPTN yang bertemakan “ Membongkar rahasia sukses masuk kuliah favorit 2010” yang diselenggarakan oleh bimbingan belajar (Bimbel) Primagama. Kegiatan tersebut diadakan di Ballroom Hotel Abadi Lubuklinggau, Minggu (4/4).
Kepala cabang Primagama Lubuklinggau, Mustaredi mengatakan, sukses masuk kuliah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni faktor teknis, akademis dan faktor psikologis.
Lebih lanjut dia menjelaskan, faktor teknis seperti pemilihan jurusan, passing garde jurusan, teknik memilih PTN lintas regional, teknis pengisian formulir pendaftaran, pensil 2B, teknis menjawab soal, teknik penilaian jawaban, dan strategi lainnya.
Untuk faktor akademis yakni, strategi penguasaan materi pelajaran yang akan diujikan, misalnya menguasai “kapling” materi tes kuliah karena tidak semua materi muncul dites kuliah. Menguasai metode cepat dalam menjawab soal karena alokasi waktu tes terbatas. Dan banyak melakukan ujicoba (try out). Faktor psikologis, yakni rasa percaya diri siswa saat mengikuti tes masuk kuliah.
“Rasa percaya diri (PD) ini tidak bisa diabaikan, karena siswa sering secara teknis sudah siap, tapi karena tidak PD mereka bisa lupa saat mengikuti tes akibatnya mereka bisa gagal,” katanya.
Dilanjutkannya, jika ketiga faktor ini diberikan kepada siswa maka saat mengikuti tes masuk kuliah benar-benar sudah siap. Megenai pemilihan jurusan di PTN/PTK siswa diarahkan berdasarkan bakat dan kecerdasan sejak lahir. “Kita punya alat untuk mendeteksi bakat dan kecerdasan bawaan seseorang atau Dermatoglyphics Multiple Intelligense (DMI),” jelasnya.
Edi menambahkan, Primagama merupakan Bimbel satu-atunya di Kota Lubuklinggau yang mempunyai alat pendeteksi kecerdasan. “Jika seorang siswa belajar di Primagama maka orang tua siswa akan bisa mengetahui bakat bawaan anaknya,” imbuhnya.
Untuk kesiapan tes masuk kuliah, Primagama membuka Bimbel program intensif khusus masuk kuliah 2010 seperti PTN/STAN dan AKBID/AKPER. Bimbel ini masuk setiap hari dan try out setiap minggu. Khusus yang belajar di Primagama Lubuklinggau nantinya akan didampingi saat mengikuti tes dan membeli formulir di Palembang. “Setiap tahunnya biasanya kami mendampingi 1 hingga 2 gerbong kereta api, khusus siswa Primagama untuk membeli formulir dan tes SNMPTN,” ungkapnya.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar